Sabtu, 24 Desember 2011

RADITYA DIKA :3

Hari gini gak tau Raditya Dika? haha, pasti kenal dong siapa dia?  ini selengkapnya biodata tentang radith



Nama Asli     : Dika Angkasaputra Moerwani
Nama Beken : Raditya Dika
TTL                : Jakarta, 28 Desember 1984
Pekerjaan      : Pemimpin Redaksi Penerbit Bukune
Kuliah            : Universitas Indonesia, Jurusan Ilmu Politik
Hobi               : Menulis, membaca buku, menonton acara komedi, main band.


(kabarinews.com)

Bermula dari hobi menulis diary, Raditya Dika yang kerap dipanggil Dika suka memuntahkan isi hatinya ke dalam buku diary sejak kelas 4 SD. Kegiatan tersebut sering dilakukan sampai akhirnya ia menulis di blog, diangkat menjadi buku, hingga akhirnya dibuat menjadi film. Semua yang ia tulis adalah kejadian yang ia alami dalam sehari-hari. Namun siapa yang menyangka, para pembaca menyukai gaya menulisnya yang konyol dan penuh humor.

Pria kelahiran Jakarta, 28 Desember 1984, adalah seorang mahasiswa, blogger, pemimpin redaksi buku, dan sekarang mulai memasuki dunia film. Percaya atau tidak, itu semua ia dapatkan karena nge-blog. Berawal pada tahun 2002, ketika ia membaca blog seseorang, terbesit ide untuk menulis blog dan menceritakan semua kejadian yang ia alami. Menurutnya hal itu norak, tetapi menarik. Mulailah ia menulis blog dengan gaya jenaka.


Dari membuat blog di diaryland, ia mengembangkan minat menulisnya dengan pindah ke blogspot. Kemudian pada saat kuliah, ia membeli domain sendiri dan membuat kambingjantan.com. Nama ini diambil dari julukan “Kambing” yang diberikan oleh sang pacar karena ia berjenggot dan jarang mandi ketika ke sekolah. Ditambahlah kata “Jantan”, sehingga menjadi Kambing Jantan.


Menurutnya, semua yang ia tulis di blog adalah tragedi dalam hidupnya. Dibumbui dengan gaya kocak dan bahasa-bahasa gila, ternyata tulisannya banyak disukai. Komentar demi komentar masuk ke dalam blognya dan itu memotivasi dirinya untuk lebih rajin menulis. Dari menulis blog, ia banyak belajar mengenai dunia tulis menulis. Ia mempelajari bagaimana membuat kalimat pembuka yang dapat membuat pembaca penasaran untuk membaca lanjutannya.


Dika mengaku dirinya adalah seorang kutu buku yang lebih suka di rumah dan menulis. Begitu menemukan blog, ia seperti menemukan wadah untuk mengeluarkan unek-unek dalam pikiran. Selain itu ia berharap kelak tulisan-tulisannya bisa diwariskan kepada anak cucunya sebagai kisah perjalan hidupnya di kala muda. Menurutnya, ada romantisme tersendiri ketika membaca kisah dari kakek atau neneknya. 

Gaya menulisnya adalah tulisan bergaya komedi. Dalam menulis komedi, tentunya penulis harus bermodalkan rasa humor tinggi. Dika mempelajari komedi dari buku Jimmy Carter, buku Schopenhauer, acara Jerry Seinfield, dan Ellen DeGeneres. Dalam menulis blog, ia harus memutar otak bagaimana membuat suatu kalimat pembuka yang mampu menarik pengunjung. Ia juga berusaha membentuk kepribadian bodoh dalam tulisannya dan semua itu ia tulis dengan hati-hati.


Ada hal lucu dalam hidup Dika, salah satunya adalah mengenai pergantian namanya. Dika terlahir dengan nama Dika Angkasaputra Moerwani. Pada saat kelas 4 SD, ia meminta ibunya untuk mengganti nama. Saat itu, ibunya menanggapi kelakuan anaknya. Dika berpikir, katanya nama Raditya Dika cukup keren. Nama itu ia gunakan sampai suatu ketika ia harus menuliskan nama di formulis ujian kelulusan, ia mengisi dengan nama Raditya. Setelah itu semua berubah. Saat lulus SD, ijazahnya bertuliskan nama Raditya Dika karena sekolah tidak meng-cross check dengan akte kelahiran. Begitu pula dengan ijazah SMP dan SMA, semua tertulis dengan nama Raditya Dika.


Teman-temannya pun mulai beralih memanggilnya “Radith” ketimbang “Dika”. Bahkan KTP hingga SIM-nya bertulisan nama tersebut.





Masalah baru timbul ketika Dika memutuskan kuliah ke luar negeri. Untuk membuat passport haruslah menyertakan akte kelahiran. Passport Dika mengikuti nama aslinya, sedangkan tiket pesawat ia pesan dengan nama Raditya Dika. Hal ini sempat menjadi masalah. Akhirnya pihak imigrasi membuatkan nama alias di dalam passport Dika. Saat itu Dika berasa seperti agen rahasia karena memiliki nama alias. Benar-benar cerita yang unik, namun ini berdasarkan kisahnya sendiri.


Dika mengaku dirinya adalah seorang yang lucu dan serius, suatu kombinasi yang menarik. Cara pandangnya terhadap suatu hal itu aneh. Ia terbilang orang yang kritis, banyak bertanya dan penggerutu. Ia melihat hal yang tidak penting secara serius dan dari sudut pandang tersebut, ia dapat membuat menjadi tulisan di blog.

Sebagai blogger Indonesia pertama yang berhasil membukukan blognya sekaligus difilmkan, ia mengaku senang sekali. Bahkan terlihat banyak blogger yang mulai berani menceritakan pengalaman sehari-harinya dan dikemas secara komedi. Namun Dika tidak mau disebut sebagai pionerr. Menurutnya setiap orang pasti memiliki panutan sendiri. Ia pun memiliki beberapa influencer, salah satunya comedian Jerry Seinfeld, Larry David, dan David Sedaris. Dari keempat buku yang ia tulis, ia paling menyukai Cinta Brontosaurus karena sangat personal dan menceritakan manisnya kisah cinta saat anak-anak yang dialami.

Cita-cita Dika saat ini simple, ia hanya ingin film pertamanya, Kambing Jantan, sukses di pasaran. That’s it


Buku buku tulisan radith banyak banget nih






dan bukunya yang paling baru tuh MANUSIA SETENGAH SALMON yang baru terbit hari ini!!

personally, i think raditya dika ituu benar benar an impressionic person dia seorang cowok cerdas, asik, seruuu,  agak ganteng, 


sedikit alay 






berwajah konyol, kayak tulisan tulisannya, dan agak mirip dengan raul lemos haha (walapun itu dia bantah mati matian)



penulis buku + pelawak yang kocakk banget. seru aja kalo udah baca baca bukunya yang konyol gak ketulungan itu. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar