Rabu, 14 Desember 2011

aroma Kartini ~

"Ini adalah kisah nyata, apabila ada kesamaan nama & tempat harap maklum karena ini memang fakta terjadi"
ini jujur sebenernya gak ada sangkut pautnya sama pahlawan kita tercinta Ibu kita Kartini, tapi Kartini yang kumaksud disini adalah nama jalan yang menghubungkan Jalan Margonda yang terkenal itu dengan daerah Citayam haha, pokoknya Jalan ini selalu dilalui angkot 05 yang arahnya ke citayam, nih kalo liat di peta bakalan gini nih :




jujur aja jalan ini adalah jalan yang setiap hari harus aku lewatin supaya nyampe ke sekolah, sampai saat ini kurang lebih udah 3 taunan lah bolak balik lewat jalan itu, dan cerita dimulai
setiap hari, aku selalu naik motor, lebih tepatnya sih aku selalu diboncengin naik motor dan setiap harinya tanpa ada hal hal yang berarti kayak perbaikan jalan atau apalah, pasti jalan itu maceeeet. Yak macet sudah membudaya di Indonesia, tapi aku harap budaya ini gak mengakar dalam kehidupan kita ke depan.


telat 5 menit berangkat ke sekolah dari jam biasanya berangkat, kartini bisa maceet paraah, aku udah prediksiin kalo jam 6 pagi pasti jalanan sepi-lancar, kalau udah jam 6.15 jalanan ramai-lancar, kalau udah 6.30 atau lebih, wuih jalanan udah maceeet (yap aku termasuk dalam bagian ini nih, yang selalu berangkat jam setengah tujuh dari rumah, alhasil kalo nyampe di jalan kartini bisa setengah 7 lewat 10 dan yak pasti kejebak macet)
salah aku juga sih kalo mau maceet ya tinggal berangkat pagi. tapiii aku gak bisa berangkat pagi -,-


oke back to the topic, jelas bangeet macet ini penyebabnya adalah semakin banyaknya jumlah kendaraan yang digunakan, dan bisa bayangin gak kalo salah satu faktor "kenapa ini bisa terjadi" adalah karena ini merupakan masalah berantai dari peraturan yang gak dipatuhi.
misal: kita sebagai masyarakat indonesia (termasuk saya sendiri) lebih menyukai penggunaan kendaraan yang nyaman dari kendaraan umum dan dengan alasan-alasan lain tentunya sehingga kita lebih memilih naik motor sendiri nah dengan alasan ini kita pengen banget punya SIM motor, tapi kan untuk membuat SIM harus di test dulu, buat orang orang yang gak mau ribet, biasanya mereka langsung nembak SIM (bikin SIM dengan cara nyogok petugas, biar mereka gak test tapi tetep dapet SIM), nah dengan petugas yang mau disogok itu, berarti dia meng-ilegal-kan pembuatan SIM sesorang meskipun orang itu belum terlalu mahir naik motor, atau buat orang orang yang udah mahir naik motor tapi belum cukup umur. akibatnya kalo orang udah punya SIM otomatis, mereka dengan mudah boleh bawa kendaraan motor kemana aja kan? dan pengguna kendaraan di jalan pun bertambah banyak, jalan pun menjadi macet, asap kendaraan yang mengandung karbon monoksida dan karbon dioksida pun keluar dengan bebasnya, bertambah banyak, dan fatalnya gas gas itu membuat lapisan atmosfer tertutup dan menghalangi pantulan sinar matahari untuk keluar, sehingga bumi terasa panas, dan efek lebih lanjut adalah global warming.

hanya hal kecil dari meng-ilegalkan SIM dengan cara nembak bisa menyebabkan bumi kita hancur :(

jujur kalo lewat kartini, aku harus selalu tutup hidung - gak punya masker :( asepnya ngepul banget baunya gak nahan bikin pusing, dan aku juga curiga nih kalo kita sering menghirup asap kendaraan apakah menjadi faktor menurunnya IQ karena hasil psikotes menunjukan kalo selama 2 tahun IQ aku udah nurun-- hehe
selain itu efek lainnya adalah kalo udah sampe sekolah baju aku tuh jadi bau asep, kayak pake parfum aroma kartini aja tiap hari pasti wangi kayak gini--

aku jadi teringat hari jumat 2 minggu lalu, ketika ada orang Jepang datang ke sekolah :3, salah seorang temenku bertanya
B: What's your Opinion about Indonesia?
A: I like Indonesia, Indonesian People are friedly, but
(pas bilang kata 'but' satu kelas pada deg degan haha)
but.. Indonesia has a high traffic jam especially in Jakarta

Hahaha bener banget tuh kata Mr Jepang itu, gak usah heran kalo udah di Indonesia terus kena macet
Dan aroma Kartini tidak akan pernah berubah sampai ada yang mengubahnya suatu saat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar