Rabu, 12 Oktober 2011

Something special in TARBIYYAH



Tarbiyah itu adalah hal yang sangat berarti. Dulu aku suka baca di tulisan tulisan orang-orang yang isinya menyatakan kalo mereka itu sangat berterima kasih sama tarbiyyah. Eh tau gak tarbiyyah itu apa? Tarbiyyah itu pendidikan tentang ilmu Allah, intinya belajar tentang islam, mengenal Allah dan islam lebih dekat hoho. Banyak cara dapetinnya salah satunya kayak mentoring, liqo dll. Dan aku pun merasakannya sekarang?


Aku bangga deh sama angkatan aku di SMANSA, karena angkatan aku katanya adalah angkatan yang paling semangat tarbiyyah karena satu tahun aja udah kebentuk banyak kelompok mentoring dan liqo, padahal biasanya untuk mentor atau liqo itu temen temen itu diajakin susah bangeet, so Alhamdulillah banget kalau mayoritas teman temanku banyak condong untuk hal kebaikan.


Aku malu jadinya kalo aku gak mentor atau liqo, suka sedih sebenernya kalo gak dateng, karena serius deh disana aku dapetin ilmu,temen temen yang memang setia.
Apa ya, ukhuwah nya itu loh rasa kasih sayang ?


Aku merasa sangat tidak enak sama murabbi (kakak mentor) yang mereka itu kan gak digaji, tapi tetap ikhlas ngasih mentoring buat kita, istiqomah selalu, padahal pengorbanan mereka itu kan besar buat kita, suka ada rasa gak enak kalo mereka pun udah berkorban sejauh itu tapi kita nya suka gak peduli, gak mengorbankan kepentingan kita juga ? padahal kalo diliat liat pentingnya urusan kita yang lain buat kita sama pentingnya sama urusan lain kakaknya atau bahkan lebih berat kakanya. Apalagi kalo murabbinya lagi kuliah di semester yang sibuk, lagi banyak urusan kantor, harus mengurus anak, dll huh, makanya liqo atau mentor itu harus jadi prioritas utama diantara segala urusan duniawi.


Dan yang paling fantastis, mereka hanya mau digaji sama Allah!


Misalnya kalo ada rapat, di jam yang bersamaan kita harus liqo juga, maka alasan yang syari bagi kita untuk izin rapat.

Alhamdulillh, kalo di sekolahku masalah seperti ini udah menjadi hal yang biasa, izin gak ikut latian futsal gara gara liqo, gak ikut rapat gara gara ada mentoring, dll. Liqo sama mentor sama aja pentingnya, namun bedanya liqo itu satu level lebih tinggi dari mentoring dengan bahasan yang kurang lebih juga agak sedikit ribet dari mentor tapi esensi untuk keduanya sama saja. sama sama penting.

Hm, aku sangat berterima kasih sama orang orang di balik ini semua, orang orang yang mengatur mentoring dan liqo, karena perjuangan mereka itu besar sehingga mentor dan liqo itu bisa diterima di depan banyak orang apalagi sama orang orang yang antipati sama ilmu agama karena banyaknya peristiwa buruk dan kurang enak diluar sana yang banyak mengatas namakan serta mengkambing hitamkan nama islam.



Rasa percaya itu loh yang susah didapet dari orang, dan Alhamdulillah rasa kepercayaan itu sudah dipupuk perlahan sehingga mentoring dan liqo pun bisa berjalan hingga sekarang.


Aku pernah jadi astor (asisten mentor) coba coba gitu nge-share ilmu yang kita punya sama adek kelas, eh susahnya minta ampun, mereka itupada awlnya yang kurang tertarik, dan kebanyakan diemnya. Tapi lama lama karena mereka merasa nyaman akhirnya kita mulai deket dan mereka juga antusias untuk dateng mentoring. Alhamdulilllah yaah


Untuk dapetin liqo itu lumayan susah juga, karena katanya sih orang yang ikut liqo itu adalah orang orang yang pemahamannya sudah satu tingkat lebih tinggi juga, aku gak tau sih ini bener apa enggak. Maka itu sangat sayang banget kalo udah liqo tapi gak pernah dateng, rugi banyak, aku tahu liqo atau mentor itu memang bukan sebuah kewajiban, tapi kapan lagi coba kita dapet mentoring liqo, belajar tentang islam yang gratis kayak gini. kasarnya bisa dibilang, ini loh ada tarbiyyah gratis di depan mata kenapa mesti selalu buat alasan untuk gak ikut, ya kan?


Semua itu kembali lagi ke diri kita pribadi, sejauh mana kita ingin mengisi celengan kita untuk bekal di akhirat kelak kan, dan yang pasti iman kita itu suka naik turun dan Allah yang Maha Kuasa untuk membolak balik hati makhlukNya, sehingga kita perlu mengupdate dan merefresh iman kita, dan caranya itu banyak! membaca buku tentang islam, ikut kajian, diskusi islami, mentor, liqo, dll kalau menurutku diantara semuanya yang paling pas dengan jadwal kita sehari hari sebagai pelajar dan gak bakal bentrok sama jadwal sekolah ya hanya liqo dan mentor hehe.


 Dan dari semuanya, aku tahu kalau “mentor memang bukan segala galanya, namun segala galanya berwal dari mentor ”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar