Sabtu, 30 Juli 2011

Pohon Pohon Ramadhan :3

Kurang lebih 2 minggu yang lalu, aku dan teman teman pergi jaulah ke rumah seorang ustad, beliau adalah  lulusan dari madinah.namanya Ustad Hilman Rosyad.

Kami pergi kesana untuk mendengarkan ceramah dari beliau tentang “Bagaimana mengoptimalkan ibadah di bulan Ramadhan dan lulus sebagai muttaqin”, kerana menurutku ceramah dari ustad Hilman membuka pikiranku tentang ramadhan, apalagi udah 2 tahun ini aku ngerasa missfeeling sama ramadhan karena aku gak bisa memanajemen waktu dg baik :( akhirnya  rencananya malam ini aku mau posting tentang apa yang aku dapet pas hari itu, tapi aku tadi buka fb dulu terus aku liat ada notip dari ka anti, dan isinya adalah tag note. pas dibuka,, iyaaa haha ka anti buat note sesuatu yang mau aku posting.. jadi alhamdulillah kalo begicu haha. so, aku copas aja dari note ka anti, karena inti yang aku mau share disini kan sama dengan yang ka anti tulis, tapi dengan sedikit perubahan tentunya hehe. semoga bermanfaat :)
so check it out! 

------



Sebenarnya, ibadah dan makan itu ga connect, yang connect itu adalah ibadah dan lapar. Coba bayangkan kalau kita sholat abis makan??  Orientasi yang salah pada kita adalah, bulan puasa adalah BULAN MAKANAN,  karena tau gak banyak banget makanan yang cuma muncul pas ramadhan.. biji salak aja bisa jadi lunak kalo Ramadhan hehehe


Yang harus dijadikan target ibadah di bulan Ramadhan itu adalah SELAIN PUASA karena it’s easy to berbuka di bulan Ramadhan.. kalau lagi hamil, Ust. Hilman menganjurkan untuk tidak puasa, jika dalam perjalanan.


Then, apa sih istimewanya bulan Ramadhan? Ramadhan itu ibarat tanah yang subur. Jika kita ingin memanen buah yang lebat, maka tanamlah pohon sebanyak-banyaknya dan rawatlah ia dengan baik. kan kalo tanah yang subur itu gak kita tanam apa apa mana bisa berbuah manis?  gak ada tanamannya juga so, 



Ada 10 pohon ibadah yang bisa kita tanam di bulan Ramadhan:

1.  Sahur

Inti dari sahur bukanlah makan, tapi terjaga di sepertiga malam. Ada hadis yang menyebutkan bahwa bangunlah, karena pada saat itu Allah akan memberikan keberkahan. Keberkahan apa maksudnya? Kalau bangun kan jadi bisa makan, bisa tilawah, bisa shalat, dzikir, dll. walaupun hanya dengan seteguk air Allah akan kasih kita berkah looh



2. Berbuka (ifthor)

Sunnahnya adalah menyegerakan berbuka sesuai jadwal imsakiyah, bukan berdasarkan radio atau adzan. Rasulullah terbiasa berbuka dengan makan 3 butir kurma dan minum air bening, kemudian shalat maghrib, tilawah dan dzikir sambil menunggu waktu isya, shalat isya, qiyamul lail, kemudian tidur. Subhanalloh ya, ga makan lagi tuh? Ya begitulah, makanya ga ada cerita kalau susah bangun sahur karena pasti bangun karena lapar kan, hehe... Ust. Hilman mengakui gimana kebiasaan kita, intinya jangan berlebihan lah kalau makan...


Menurut ustad hilman,  kalo kita sahur dan berbuka nya udah bener, insyaAllah amalan amalan yang lain juga berjalan dengan baik, so inilah 2 poin utama yang harus kita betulin. berarti kita gak boleh makan berlebihan!


3. Qiyamul lail (QL)

Qiyamul lail itu mendirikan malam, ql itu juga kembarannya puasa, karena siangnya puasa, malamnya qiyamul lail. QL itu sendiri adalah rangkaian shalat sunnah sejak ba’da isya sampai jelang waktu shubuh, dengan 2 rakaat demi 2 rakaat, jumlahnya ganjil. Inti dari QL itu adalah lama & khusyu. Lama karena bacaannya panjang. Pahalamu itu sesuai kelelahanmu. Lama qiyam (berdirinya) Rasulullah saw itu sama dengan lama ruku dan sama dengan lama sujudnya, subhanallah.. kalau kita belum hafal surat yang panjang-panjang, shalatnya sambil baca juga  boleh  lho... sedangkan yang dimaksud dengan tarawih itu adalah shalat diselingi dengan istirahat.



4. Tilawah

Tilawah setiap 1 huruf itu dibalas dengan 10 kebaikan. Sedangkan yang dimaksud dengan tadarus adalah membaca dan menyimak. Intinya, kita harus perbanyak tilawah dari biasanya, kenapa? Ya karena ini bulan Ramadhan... 



5. Dzikir dan doa

Apa yang kita lakukan menjelang berbuka? Ternyata, menjelang berbuka adalah saat-saat istimewa untuk berdoa lho.. coba dibikin list doa aja: doa untuk pribadi, orang tua, teman-teman, umat Islam, dll.

Kalau kita udah menanam pohon-pohon ibadah yang disebut di atas pasti kita capek, maka kita akan bertanya apakah ibadah-ibadah kita itu diterima, maka kita berdoa. Berdoa hanya dilakukan oleh orang-orang yang berbuat!dan waktu yang bagus berdoa adalah salah satunya ketika hendak berbuka, jadi mesti manfaatin waktu waktu itu..

kalau menurut ilmu suluk, manusia itu diciptain dari dua unsur yaitu unsur langit (ruh) dan unsur bumi (makan, minum, birahi, dll) Puasa itu kan mengurangi unsur bumi, kita ga makan, ga minum, sehingga mendekatkan kita dengan unsur langit, jadi saat puasa adalah saat kita semakin dekat dengan Allah, maka kenapa doa kita mudah diijabah Allah..



6. Zakat, infak, shodaqoh (ZIS)

Rasulullah SAW itu menjadi orang yang lebihdermawan di bulan Ramadhan. Gimana caranya? padahal kita tahu nabi muhammad itu kan orang yang sangat dermawan, Ternyataaaa....Kalau kita menanam pohon-pohon ibadah ini, maka otomatis pengeluaran kita akan turun, kita gak makan berlebihan, saving jadi banyak kan, jadi ZIS-nya juga bisa banyak..



7. Memperbanyak amal shalih dan ibadah-ibadah sunnah 



8. Meninggalkan perkara-perkara mubah (boleh) yang tidak bermanfaat, apalagi yang makruh dan haram

main games adalah hal yang dibolehkan ketika ramadhan, tapi kenapa gak sebaiknya kita mengisi waktu dengan hal hal bermanfaat seperti perbanyak dzikir, tilawah, dll karena setiap waktu di bulan ramadhan kan begitu berhargaa..


9. I’tikaf

Yang dimaksud i’tikaf adalah berdiam diri di mesjid dengan niat ibadah. Nilai ibadahnya itu adalah kedatangan kita untuk berdiam diri di mesjid itu, karena untuk komitmen datang ke mesjid itu sulit kan...untuk ibadahnya mau selama apa juga terserah..



10. Mencari malam lailatul qadr

Perintahnya adalah mencari malam lailatul qadr, bukan mendapatkan. Dengan mencari, maka insya Allah kita akan mendapatkan. Mencari dengan tidak tidur, taat, dan tidak berbuat dosa. Pilihan yang mau dilakukan itu beragam terserah kita, misal mau sholat, tilawah, dzikir, diskusi, dll. yang penting sesuai syaranya: terjaga dan tidak melakukan maksiat. tanda tanda kalo dapet lailatulqadar apa? kita capek dan lelah karena semalaman itu kita beribadah pada Allah, waktunya kapan ajaa?  Waktu mencarinya adalah setelah isya sampai fajar di 10 malam terakhir Ramadhan dan tidak harus di mesjid. berarti antara tanggal 21, 23 , 25, 27, 29.

Alhamdulillah akhirnya selese juga sharingnya, semoga bermanfaat ya temans:) 
karena setiap detik ramadhan sangat berharga, maka buatlah ia begitu istimewa, ialah tamu yang mulia :)

SELAMAT DATANG RAMADHAN, one day again to be with you:) i miss you so much! hwaiting ..
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar